Cara Membuat Nomor Halaman Pertama dibawah dan Halaman Berikutnya Diatas di Ms. Word

Cara Membuat Nomor Halaman Pertama dibawah dan Halaman Berikutnya Diatas di Ms Word.

Ketika membuat skripsi, thesis, laporan ataupun dokumen lainnya kadang kita ingin membuat halaman pertama berbeda dengan halaman kedua dan seterusnya. Nomor halaman pertama berada di tengah-tengah di bagian bawah sedangkan halaman kedua dan berikutnya alias seterusnya berada di bagian kanan atas. Dengan menggunakanmicrosoft word 2007, untuk membuat halaman pertama memiliki nomor halaman berbeda dengan halaman kedua dan seterusnya anda dapat mengikuti langkah berikut.

  1. Aktifkan / menuju halaman pertama dokumen anda.
  2. Selanjutnya sisipkan nomor halaman pada bagian bawah tengah halaman. Caranya klik menu ribbon insert, lalu pilih page number. Dari daftar pilihan yang ada lalu pilih bottom of page. Setelah itu pilih plain number 2, untuk menyisipkan nomor halaman di bagian bawah tengah. Pada bagian bawah halaman akan muncul angka 1 dengan latar-abu-abu. Ketikkan atau tambahkan nomor bab jika itu memang diperlukan.
  3. Pastikan bahwa halaman pertama akan berbeda dengan halaman berikutnya dengan cara berikan tanda check (jika belum ada) pada Opsi Different First Page yang ada pada ribbon Design yang ada di menu Header & Footer Tools .
  1. Selanjutnya jika kursor anda masih berada pada area footer halaman pertama, pindahkan ke kursor teks ke header halaman kedua. Caranya scroll dokumen anda sedikit ke bawah lalu klik di sembarang tempat pada area header halaman ke dua.
  2. Setelah berada di header halaman kedua, lakukan kembali penyisipan nomor halaman di bagian kanan atas. Caranya klik menu ribbon insert, lalu pilih page number, kemudian pilih top of page kemudian klik plain number 3.
  3. Halaman kedua anda sekarang telah memiliki nomor halaman. Jika anda ingin memasang nomor bab pada halaman tersebut ketikkan saja nomor bab yang anda inginkan sehingga misalkan menjadi bentuk “III –2 “, “IV-2“ dan sebagainya.
  4. Klik ganda(Double click) pada area isi dokumen atau klik tombol “Close Header and footer” untuk keluar dari mode pengeditan header dan footer.

Tips Membuat Nomor Halaman Pertama Berbeda dengan yang lain

  • Bila anda ingin memunculkan mode pengeditan header & footer sekaligus ingin mengedit nomor halaman, klik ganda (double click) nomor halaman tersebut untuk memunculkan mode header dan footer lalu lakukan perubahan.
  • Jangan menghapus atau mengganti nomor halaman (angka 2 dengan latar abu-abu, berupa field) dengan teks biasa sebab pada halaman ketiga hanya akan tampil teks “2” bukan nomor halaman.
About these ads

About wahyuciymoi

Be my self

Posted on 14 Desember 2012, in COMPLETE, Microsoft Office, TIPS and tagged , , , . Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d bloggers like this: