ORANG TUA

Mbah Sodimejo Orang Tertua di Sragen Mengaku Berusia 142 tahun

SRAGEN Petugas Sensus Penduduk mendapati penduduk tertua di Sragen bertempat tinggal di Dukuh Segeran RT 18, Desa Cemeng, Kecamatan Sambung Macan Kabupaten Sragen, Jawa Tengah. Mbah Suparman Sodimejo mengaku kepada petugas sensus bahwa Ia menjadi saksi atas pemasangan pathok pembangunan pabrik Gula Gondang pada tahun 1880.

Meskipun tidak didukung bukti otentik, namun tanda uzurnya Sodimejo terlihat dari fisik dan dari pengakuan pengalaman hidupnya hanyalah bukti tahun kelahirannya yang diperkirakan mencapai usia 142 tahun.

Kepada para pewarta Mbah Sodimejo mengaku semasa mudanya mendengar Raja Keraton Solo bersabda akan mendirikan lokasi pabrik di selatan rel kereta api. Namun akhirnya pabrik itu tidak jadi dibangun. Pembangunan akhirnya dilakukan di Pabrik Gula Mojo yang mulai dibangun pada tahun 1883, dan pada saat itu dirinya sudah disunat.

Sodimejo mengaku menjadi saksi sejarah tiga zaman, yakni zaman penjajahan Belanda, Jepang dan zaman kemerdekaan. Ia telah menikah sebanyak empat kali, pernikahan dengan istri terakhir dilakukan pada zaman Jepang dan memiliki anak sebanyak empat orang. Cucunya mencapai belasan orang dan memiliki sejumlah cicit. Bahkan ia tidak hafal nama-nama cucu dan cicitnya karena terlalu banyaknya.

Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Sragen Laeli Sugiyono mengatakan keberadaan manusia tertua di Sragen itu terkuak saat petugas sensus mendata keluarga Mbah Suparman. Laeli menjelaskan sekilas wajah Mbah Sodimejo terlihat penuh keriput, giginya sudah tanggal semua, kemampuan pendengaran sudah berkurang dan sudah tidak bisa berjalan tegap. Tapi soal kekuatan, jangan ditanya. Ia masih mampu bekerja seperti mencangkul, menyapu bahkan minuman dingin es teh menjadi minuman favoritnya.

“Kami yakin usia Mbah sadimejo sekitar 142 tahun. Angka itu didasarkan pada perkiraan usianya saat pendirian Pabrik Gula Gondang sekitar 12 tahun. Jadi tahun 1880 dikurangi 12 tahun , jadi sekitar 1868,” terang Laeli.

About wahyupurnomojati

Be my self

Posted on 29 Mei 2010, in COMPLETE and tagged , , . Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: