Kesehatan Wajah

Ahli kulit tentu mengetahui banyak hal mengenai kecantikan kulit. Apa saja rahasia kecil yang mereka lakukan untuk menjaga kulitnya tetap sehat dan cantik?

* Olahraga

Olahraga dan gaya hidup aktif adalah rahasia Gary Goldfaden, MD, dermatolog yang berbasis di Miami. Pada dasarnya, olahraga membantu aliran darah ke seluruh tubuh, sekaligus mendistribusikan nutrisi ke kulit.

* Relaks

Tentu Anda sudah tahu, mengernyitkan dahi, menegangkan wajah atau otot leher bisa membuat garis kerut semakin terlihat dan dalam. Saat Anda berolahraga atau sedang serius bekerja, pastikan otot pada wajah dan leher Anda tetap tenang dan santai, saran Frederic Brandt, MD, dari Miami dan New York.

* Hindari rokok

Tentu kita semua ketahui, rokok tidak baik untuk tubuh begitu pun pada kulit. Rokok juga mengganggu aliran oksigen ke kulit, hasilnya, garis-garis halus pada wajah akan makin mendalam dan membuat kulit tidak berseri cantik. Saran Paul M. Friedman, MD, dari Houston, hindari rokok.

* Lokasi duduk

Mungkin terdengarnya seru duduk dekat jendela saat naik pesawat terbang, tetapi, dr Brandt mengingatkan, saat naik pesawat terbang, dan duduk dekat jendela, kulit kita terkena paparan sinar UV lebih besar dari biasanya. Jadi, akan lebih baik untuk memilih tempat duduk jauh dari jendela.

* Tahan diri

Tahan diri Anda untuk tidak menggaruk wajah atau mengorek wajah dengan kuku tangan, karena hal ini bisa mengakibatkan iritasi serta meninggalkan bekas luka, begitu saran Heidi Waldorf, dari New York.

* Tidur cukup

Setiap malam, kita butuh tidur yang nyenyak untuk mengoptimalkan sekresi hormon pertumbuhan, yang mendorong perubahan sel tubuh serta produksi kolagen. Jadi, pastikan Anda tidur cukup setiap malam, setidaknya sebelum pukul 11 malam, ujar dr Brandt.

* Awasi sinar matahari

Sinar matahari memiliki efek sangat buruk bagi kulit, karena itu, Kathy Fields, dari San Fransisco menganjurkan untuk menghindari sinar matahari secara langsung, khususnya antaral pukul 10.00-16.00.

* Perhatikan makanan

Garam dan gula akan menempel pada kolagen yang bisa merusak lebih cepat. Sebaiknya pilih makanan sehat yang kaya akan serat, ujar dr Goldfaden.

About wahyupurnomojati

Be my self

Posted on 18 Maret 2011, in KESEHATAN and tagged , , . Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: