Insomnia

Teman, apakah kamu pernah sulit tidur padahal tidak berencana begadang? Kebanyakan teman-teman saya secara dramatis menyebut gejala sulit tidur mereka dengan gejala insomnia (berdasarkan pengamatan di facebook), padahal penjelasan tentang insomnia di wikipedia saya pikir termasuk “berat”

“Insomnia adalah gejala kelainan dalam tidur berupa kesulitan berulang untuk tidur atau mempertahankan tidur walaupun ada kesempatan untuk itu. Gejala tersebut biasanya diikuti gangguan fungsional saat bangun.

Insomnia sering disebabkan oleh adanya suatu penyakit atau akibat adanya permasalahan psikologis. Dalam hal ini, bantuan medis atau psikologis akan diperlukan. Salah satu terapi psikologis yang efektif menangani insomnia adalah terapi kognitif. Dalam terapi tersebut, seorang pasien diajari untuk memperbaiki kebiasaan tidur dan menghilangkan asumsi yang kontra-produktif mengenai tidur.

Banyak penderita insomnia tergantung pada obat tidur dan zat penenang lainnya untuk bisa beristirahat. Semua obat sedatif memiliki potensi untuk menyebabkan ketergantungan psikologis berupa anggapan bahwa mereka tidak dapat tidur tanpa obat tersebut.

Nah lho, ngeri kalau mereka “mengidap” insomnia beneran (semoga tidak)

Dalam beberapa kesempatan, manusia memang kadang tidak bisa tidur (atau tidak bisa tidur lagi setelah terbangun saat tengah malam) karena “faktor x” diluar insomnia.

Alih-alih menggunakan tips menghitung kodok (atau domba), Imam Muhyidin An-Nawawi mengajarkan Kita doa ketika sedang susah tidur.

doa ketika terbangun lalu tidak tidur

“Ya Allah, bintang-bintang telah tenggelam, mata-mata telah terlelap… sedangkan Engkau yang Maha Hidup lagi Maha Berdiri Sendiri, tak pernah terlena tak pernah tidur… Wahai yang Maha Hidup dan Maha Berdiri Sendiri, tenangkan malamku dan lelapkan mataku…”

(Sumber: Adzkar An-Nawawiyah 109)

Tentu berdoa ditengah malam yang hening akan lebih mudah membawa Kita pada suasana syahdu🙂

About wahyupurnomojati

Be my self

Posted on 7 Desember 2011, in KESEHATAN and tagged , , , . Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: