10 Jembatan Terpanjang Di Indonesia

Jembatan merupakan satu struktur yang dibuat untuk menyeberangi jurang atau rintangan seperti sungai, rel kereta api ataupun jalan raya. Ia dibangun untuk membolehkan laluan pejalan kaki, pemandu kenderaan atau kereta api di atas halangan itu. Di Indonesia jembatan merupakan sarana penting yang menjadi penghubung antar daerah khususnya di daerah yang banyak terdapat sungai, seperti Kalimantan Selatan contohnya yang terkenal dengan sebutan kota Seribu Sungai. Selain itu jembatan juga dapat menghubungkan satu pulau dengan yang lain.

Berikut 10 Jembatan Terpanjang yang ada di Indonesia

1. Jembatan Suramadu (5.438 m)
Jembatan Suramadu
Sampai awal tahun 2012 ini jembatan terpanjang di Indonesia yaitu Jembatan Suramadu. Jembatan yang menghubungkan pulau Jawa dengan Pulau Madura ini memiliki panjang 5.483 m dan lebar sekitar 30 m Jembatan ini menjadi jembartan terpanjang nomor 3 di Asia Tenggara.

2. Jembatan Pasupati (2.147 m)
Jembatan Pasupati
Jembatan ini terletak di kota Bandung. Jembatan yang menjadi ikon baru kota Bandung ini memiliki panjang 2147 m dan lebar 21,53 m. Jembatan ini dapat mengatasi kemacetan yang sering melanda daerah tersebut.

3. Jembatan Tengku Agung Sultanah Latifah / Jembatan Siak (1.196 m)
Jembatan Siak
Jembatan ini terletak di Ibukota Provinsi Riau. Jembatan ini memiliki panjang 1196 m dan panjang 16,95 m. Hal unik yang terdapat di jembatan ini yaitu di puncak tiang jembatan ini terdapat restoran. Di dalam restoran tersebut kita dapat melihat pemandangan kota Riau yang mempesona.

4. Jembatan Ampera (1.117 m)
Jembatan Ampera
Jembatan ini terletak di Palembang, Sumatra Selatan. Jembatan ini menyebarangi Sungai Musi. Satu hal yang membanggakan namun disayangkan yaitu, jembatan ini mempunyai mekanisme mengangkat jembatan apabila terdapat kapal besar yang melintas di bawahnya, dan ini merupakan satu-satunya jembatan yang mempunyai mekanisme seperti itu. Namun, sekarang mekanisme tersebut sudah tidak dapat digunakan kembali.

5. Jembatan Barito (1082 m)
Jembatan Barito
Jembatan ini terletak di Banjarmasin, Kalimantan Selatan. Jembatan ini memiliki panjang 1082 m dan lebar 10,37 m. Ketinggian muka air sungai dengan jembatan yaitu 15-18 meter

6. Jembatan Mahulu (789 m)
Jembatan Mahulu
Jembatan ini terletak di Samarinda dan melintasi sungai Mahakam. Jembatan ini menghubungkan Samarinda dengan Samarinda Seberang. Jembatan ini memiliki panjang 789 m dan lebar 11 m. Selain itu, ketinggian muka air sungai dengan jembatan ini mencapai 18 m.

7. Jembatan Rumpiang (753 m)
Jembatan Rumpiang
Jembatan ini terletak di Banjarmasin dan menyeberangi sungai Barito. Jembatan ini menghubungkan Banjarmasin dengan Muarabahan. Jembatan ini menggunakan konstruksi baja melengkung di tengah-tengahnya.

8. Jembatan Tengku Fisabilillah / Jembatan Barelang (642 m)
Jembatan Barelang
Jembatan ini terletak di Batam. Jembatan ini disebut juga Jembatan Barelang, yaitu kepanjangan dari Batam, Rempang, dan Galang. Nama lain dari jembatan ini yaitu Jembatan Habibie, karena beliau yang memprakarsai jembatan ini.

9. Jembatan Kahayan (640 m)
Jembatan Kahayan
Jembatan ini terletak di Kalimantan Tengah. Panjang jembatan ini m640 m dan lebar 9 meter. Jembatan ini menghubungkan Kabupaten Barito Utara dengan Barito Selatan.

10. Jembatan Kutai Kartanegara (580 m)
Jembatan Kutai Kartanegara
Jembatan ini terletak di Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur. Hal yang unik dari jembatan ini yaitu Jembatan ini dibangun mirip jembatan Golden Gate yang terletak di San Fransisco.

Tapi Sayang jembatan terpanjang di Kalimantan, Jembatan Kutai Kartanegara, yang berdiri di atas Sungai Mahakam, yang menghubungkan Tenggarong dengan Tenggarong seberang, ambrol. Terjadi pada tanggal 26 November 2011 pada pukul 15.30 WITA. Padahal jembatan ini baru diresmikan pada tahun 2001 lalu.
Jembatan Kutai Kartanegara sesaat setelah Runtuh

Selain 10 jembatan tersebut rencananya Indonesia akan membangun satu lagi jembatan yang menghubungkan Pulau Jawa dengan Pulau Sumatra (Jembatan Selat Sunda). Jembatan rencananya akan berada pada 70 meter di atas permukaan laut, dan melewati tiga pulau-pulau kecil di selat itu, yaitu Pulau Prajurit, Ular, dan Sangiang. Ini merupakan jembatan dengan panjang 29 kilometer yang akan menjadi jembatan terpanjang di dunia.

pengen tahu animasinya?
klik Ini Videonya

About wahyupurnomojati

Be my self

Posted on 31 Januari 2012, in SEPUTAR TEKNIK SIPIL and tagged , , , , . Bookmark the permalink. 1 Komentar.

  1. keren jembatan suramadu, aku sebagai orang indonesia bangga.. (y)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: