Semua Manusia itu Baik

Semua manusia itu baik, sebuah premiss (premise) yang sangat layak diperdebatkan jika dihadapkan dengan kondisi nyata yang terjadi di kehidupan sehari-hari. Masih banyak kita melihat, mendengar dan merasakan adanya oknum manusia yang berperilaku tidak baik. Memang realita kehidupan sangat kontradiktif jikalau kita benturkan secara langsung dengan opini yang saya kembangkan dalam alam pikiran saya. Namun jika kita mau menelaah sedikit lebih jauh kedalam pribadi-pribadi yang melakukan perbuatan tidak terpuji maka kita akan mendapatkan berbagai hal baik sebagai alasan pembenar yang mendasari perbuatan mereka.

Seorang pencuri seringkali mengatakan mereka terpaksa melakukan perbuatan tersebut karena harus menafkahi keluarganya. Memberi nafkah kepada anak dan istri merupakan sesuatu yang baik, apakah hal ini hanya sekedar alasan pembenar atas perbuatan si pencuri atau memang sebuah keterpaksaan karena tidak ada jalan lain  yang bisa ditempuh untuk mencari sekedar sesuap nasi demi istri dan si buah hati. Para penjambret, perampok, pembunuh, teroris atau bahkan para koruptor pasti memiliki segudang alasan yang tentunya bernada baik sebagai alasan pembenar atas perbuatan yang mereka lakukan.

Berbagai alasan yang dikemukakan oleh mereka (orang yang berbuat tidak baik) semakin memperkuat keyakinan saya bahwa pada dasarnya semua manusia itu baik. Semua faktor yang mempengaruhi seorang manusia untuk berbuat tidak baik (jahat)  merupakan sebuah pilihan, bukan sebuah kewajiban atau keharusan. Tatkala seseorang sampai pada saat pertama kali mengambil keputusan untuk melakukan langkah yang tidak baik tersebut dapat dipastikan terjadi sebuah perang batin dalam dirinya untuk melakukan atau tidak perbuatan tercela tersebut. Namun dengan adanya berbagai faktor yang mempengaruhi jalan pikirannya pada akhirnya manusia tersebut memilih jalan yang tidak baik. Selanjutnya hal tersebut menjadi kebiasaan. Hati-hati dalam memilih, selalu ada konsekuensi logis dari setiap pilihan yang kita ambil. Semoga kita semua dapat memilih jalan menjadi manusia yang baik.

About wahyupurnomojati

Be my self

Posted on 6 Juli 2013, in ISLAM and tagged , , , , . Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: