Cara Copy Tampilan Monitor

Apakah anda pernah ingin mengambil suatu gambar dari komputer,tapi gak ngerti caranya? Disini akan dijelaskan caranya yang sangat mudah untuk mengambil gambar apapun yang terlihat pada komputer anda. Tidak dibutuhkan tool apapun, cukup dengan keyboard dan aplikasi bawaan Windows saja. Untuk mengambil gambar pada desktop anda, tombol yg digunakan adalah “PrtSc” atau “Print Screen”, biasanya terletak di bagian kanan atas keyboard.

Print Screen adalah fasilitas yang diberikan oleh sistem operasi untuk meng-copy gambar pada layar ke dalam clipboard, siap untuk di-paste kemanapun.
Langkah-langkah di bawah ini menunjukkan caranya menyimpan gambar yang diambil dari layar komputer anda, tanpa menggunakan aplikasi-aplikasi dari luar.

1. Pencet tombol Print Screen di keyboard anda (terkadang diberi label PrtScn, PrtSc,atau PrntScr)

2. Buka program image editing, dalam hal ini Microsoft Paint yang dapat diakses di :
Start > All Programs > Accessories > Paint

3. Pilih menu “EDIT” kemudian pilih “Paste” (atau tekan tombol Ctrl + V secara bersamaan)

4. Sesuai Pilihan, gunakan Crop Tool (atau Select Tool) yang terletak di Tool Box di sebelah kiri program, untuk memotong bagian program yang tidak diperlukan / mau diambil

5. Pilih menu FILE kemudian pilih SAVE AS.

6. Pilih folder tempat menyimpan gambar.

7. Ketik nama file gambar.

8. Pilih format/type gambar.

9. Klik tombol SAVE atau tekan Enter.

Tambahan:

1. Tahan tombol Alt sambil menekan tombol PrtSc untuk mengambil hanya jendela yang aktif saja.

2. Biasanya, format gambar GIF adalah pilihan terbaik untuk gambar2 hasil screen shot. Format JPEG terkadang membuat hasil (terutama yang mengandung teks) menjadi kabur dan tidak kontras.

3. Untuk sistem operasi Windows Vista, terdapat aplikasi bawaan Vista yang dapat digunakan untuk mengambil screen shot yaitu Snipping Tool.

About wahyupurnomojati

Be my self

Posted on 11 Februari 2011, in KOMPUTER and tagged , , , , . Bookmark the permalink. 9 Komentar.

  1. Phin Phin Scii TwiBi

    membantu banget🙂 gua lgsung bisa neh ^_^ thx gan

  2. bagus bro……..!!!

  3. makasih kang mas….

  4. allhamdu….lillah…… dapat 1 ilu lagi tenkyu kang mas….

  5. makasih ilmunya, jadi tau satu lagi ni. sangat membantu

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: